Kenapa Jalan Bagus Penting?

Jalan merupakan elemen penting dalam pembangunan karena dapat menarik untuk mengembangkan bisnis. Setidaknya dengan jalan yang bagus dapat memicu minat seseorang untuk membeli kendaraan bermotor. Sebaliknya, kalau jalan buruk orang jadi malas untuk membeli motor.

Selain itu, jalan bagus juga dapat menjaga kondisi spare part kendaraan motor tidak cepat rusak. Terutama suspensi dan bearing, asal tidak melebihi kapasitas dan penggunaan normal maka ketahanan kendaraan akan tidak cepat rusak.


Jalan yang bagus dan berkualitas merupakan pemicu dan penyemangat untuk melakukan segala aktifitas. Jalan yang bagus dapat memperlancar arus pengiriman barang dan pengantaran jasa. Bayangkan jika jalan dalam kondisi rusak, mood untuk lewat saja sudah down tidak selera. Apalagi beli kendaraan motor yang bagus. Selain itu, orang yang berduit juga akan malas berinvestasi berbisnis buka usaha di daerah yang jalannya tidak bagus, apalagi melakukan perjalanan healing travel jika kondisi jalan wisatanya rusak.

Biasanya daerah dengan jalan-jalan yang bagus pasti terdapat tempat usaha bisnisnya, baik bisnis kecil dan menengah. Jika kondisi jalannya sangat lebar bisa dipastikan ada bisnis perusahaan dengan kapasitas produksi yang besar. Sebaliknya, jika kondisi jalan rusak tidak terurus, sudah pasti akan menyebabkan masyarakatnya miskin dan sulit untuk berkembang maju karena tidak memungkinkan buka usaha. Kalau nekat buka usaha, dipastikan roda kendaraan dan suspensinya akan cepat ganti karena kondisi jalan yang rusak.


Kontruksi jalan di suatu wilayah seharusnya disesuaikan dengan bentuk usaha dan bisnis masyarakat sekitarnya. Jika usahanya berupa bisnis tebu, jagung atau hasil pertanian lainnya alangkah baiknya dicor yang kuat. Kalau masyarakatnya bisnis ringan kecil-kecilan diaspal mungkin sudah cukup. 


Pembangunan jalan yang bagus selain dapat memperlancar proses pengiriman barang dan jasa, fungsinya juga meningkatkan pendapatan masyarakat. Jika yang buka usaha lancar karena pengiriman lancar, maka karyawannya yang berasal dari daerah sekitarnya kerjanya juga lancar tidak sampai nganggur.


Semoga pemerintah daerah lebih sering melakukan inspeksi dan memperhatikan jalan-jalan di wilayahnya agar supaya dapat diperbaiki agar kondisinya bagus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Destinasi Wisata Pantai di Malang Selatan

Kata-kata Bijak Motivasi Kehidupan

HIKMAH NJOWOAN