Jenis-jenis Sensor yang ada di HP Smartphone

HP sekarang berbeda dengan HP pertama kali ditemukan zaman dulu, kalau HP zaman dulu hanya berfungsi berhubungan suara dengan suara, HP sekarang lebih memiliki beragam fungsi dan manfaat. Mulai dari pengambilan video, mengirim pesan via email, mengedit gambar, mengedit video, menonton video, bermain game HD dan lain-lainnya. Maka tidak heran jika HP sekarang dibekali banyak sensor agar bisa memudahkan penggunanya, sensor-sensor tersebut diantaranya;

Accelerometer (3 Axis) dan Gyroscope (3 Axis)
Sensor ini berguna untuk menjaga kestabilan HP ketika sedang mengambil video. Kedua sensor ini mengatur kecepatan pengambilan objek video secara linier dan ketika saat berputar beberapa derajat karena ketidakaturan tangan kita saat memegang HP. HP yang dibekali sensor ini cocok bagi pecinta Vlogger (hobi merekam kejadian atau aktivitas sehari-hari agar hasil video tidak goncang-goncang)

Proximity Sensor
Sensor yang dapat mendeteksi jarak antara pengguna dengan HPnya, berguna untuk mematikan layar ketika dipakai untuk menelpon suara dengan suara bukan video call, sehingga ketika ditempelkan ditelinga layar akan menghitam seketika dan menghemat penggunaan baterai.

Digital Compass
Sensor ini mendeteksi medan magnet yang ada di bumi, sehingga saat kita membuka peta Google Maps secara default akan selalu mengetahui arah selatan dan utara sesuai arah petunjuk saat GPS diaktifkan (biasanya berwarna merah = utara dan putih = selatan). Tanda runcing kompas yang berwarna merah pasti mengarah ke arah utara kemanapun kita berjalan asalkan GPS kondisinya ON hidup.


















Biometrics
Sensor ini biasanya digunakan untuk proses unlock (membuka) dan lock (mengunci) aplikasi melalui iris kedua mata kita, sidik jari dan kontur wajah kita. Selain itu juga digunakan untuk barcode proses transaksi pembayaran secara digital.

Augmented and Virtual Reality
Sensor yang diberfungsi untuk mempresentasikan sesuatu yang terlihat di layar HP seakan-akan tampak nyata. Biasanya digunakan untuk praktek tutorial secara ril atau pembelajaran kegiatan tertentu atau juga berguna untuk presentasi sesuatu atau tempat yang jauh diluar jangkauan kita yang belum pernah kita kunjungi.
Contoh penggunaan dari sensor Augmented and Virtual Reality antara lain;
- Presentasi video kendali ruang Cockpit pesawat, biasanya digunakan untuk pembelajaran calon pilot pesawat.
- Presentasi calon gedung atau bangunan, jika sudah jadi penampakannya akan seperti ini.
- dll

Bluetooth
Sebuah alat atau sensor untuk mentransfer data secara jarak dekat antara kedua HP tanpa menggunakan kabel. Jika bluetooth kedua HP saling dihidupkan maka kita dapat mentransfer data  tanpa kehilangan paketan quota data yang kita beli.

Wi-Fi
Alat atau sensor, agar HP bisa terkoneksi ke kotak alat Wi-Fi yang tersedia di rumah atau di sekitar kita untuk menikmati konten-konten online tanpa harus menghabiskan paketan quota data.

Sekian sekilas info teknologi HP Smartphone yang kita pegang dan berkembang saat ini, semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Destinasi Wisata Pantai di Malang Selatan

Kata-kata Bijak Motivasi Kehidupan

HIKMAH NJOWOAN