Jalur Ekstrim Cangar - Pacet; Batu - Mojokerto

Jika anda belum pernah menguasai medan jalur Cangar (Batu) - Pacet (Mojokerto) sebaiknya jangan coba-coba sembarangan menerobos langsung tanpa istirahat jalur ini. Karena selain berliku-liku juga terdapat tanjakan dan turunan yang ekstrim, serta kanan kiri terdapat jurang yang curam. Jika anda memulai perjalanan dari Batu harus mengistirahatkan kendaraan anda agar rem kendaraan tidak terlalu panas menghindari terjadinya rem blong. Setidaknya, istirahatlah setelah melewati turunan yang ekstrim agar rem dan suhu kendaraan dingin sehingga dibuat mengerem bisa pakem.

Melewati jalur ini anda harus ekstra waspada, meskipun siang hari nyalakan lampu jika penglihatan anda tidak begitu jelas. Dengan menyalakan lampu dapat menerangi jalan dan memberi tanda kendaraan yang lainnya agar aman sampai tujuan. Kalau dari arah Cangar usahakan jangan mempercepat laju kendaraan agar penggunaan rem bisa dikurangi untuk mencegah cepat panas rumah rem dan rem cakram roda depan.

Jalur ini sangat hijau, sejuk dan dingin. Dari arah Batu dimulai wisata air pemandian panas Cangar sudah nampak turunan berkelok yang ekstrim sampai daerah Pacet Mojokerto. Mulai dari Cangar ke Pacet hampir seluruh jalanan tertutup oleh rimbunnya daunan pepohonan. Perjalanan pagi atau sore hari jika tidak mengenakan jaket rawan kedinginan dan pilek. Jalur ini merupakan jalur yang masih alami, karena sering ditemukan satwa liar yang hidup di lereng gunung Arjuna melintas di jalan. Melintasi jalan ini, selain disajikan dengan pepohonan yang lebat hijau kita juga disuguhi bisingnya suara khas hewan Tonggeret (kinjeng) yang menempel di pohon.



Meskipun jalurnya ekstrim di pinggir jalan cukup banyak orang berjualan dan menjadi spot hangout pemuda-pemudi nongkrong menikmati kesejukan alamnya. 

Sekian, semoga bermanfaat, terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Destinasi Wisata Pantai di Malang Selatan

Kata-kata Bijak Motivasi Kehidupan

HIKMAH NJOWOAN