Singkong Setelah diolah Jadi Apa Saja?

1. Singkong goreng












Mengolah singkong, setelah dikupas kulitnya paling mudah dan simpel ialah digoreng. Prosesnya tidak membutuhkan waktu yang lama jika dibandingkan dengan produk berupa kripik.

2. Kripik singkong













Mungkin proses yang agak lama dalam mengolah singkong ialah membuat jadi kripik. Harus dijemur dulu, kalau musim kemarau sinar mataharinya mungkin bisa muncul terus, kalau di musim hujan pasti agak lebih lama lagi agar bisa kering untuk diproses ketahap selanjutnya lagi.

3. Gaplek
Gaplek merupakan makanan khas orang jawa yang berasal dari singkong yang dijemur kemudian direbus dicampur dengan parutan kelapa dengan sedikit tambahi parutan kelapa, garam dan gula. Biasanya dibungkus dengan daun pisang.

4. Tape singkong
Tape merupakan makanan yang hingga saat ini masih eksis, terutama di daerah Situbondo terkenal dengan oleh-olehnya berupa tape singkongnya yang dibungkus dengan tumbu besek semacam anyaman dari bambu. Tape sajian singkong yang sudah terfermentasi dan teksturnya lembut.
 
5. Lemet
Makanan dari singkong yang teksturnya sudah dilembutkan dicampur gula jawa kemudian dibungkus dengan daun pisang setelah itu direbus.

6. Singkong Rebus
Paling simpel dan mudah mengolah singkong menjadi makanan siap disantap ialah dengan direbus. Hanya perlu mengelupas kulitnya kemudian dicuci dan langsung direbus.

7. Cenil
Cenil merupakan produk olahan singkong yang sudah dilembutkan kemudia dibentuk bulat-bulat dan ditaburi parutan kelapa dan rasanya manis. Adakalanya disajikan dalam bentuk tusukan bambu dengan aneka warna.

8. Miler
Olahan singkong yang sudah dihaluskan diadoni dengan bumbu merica, daun bawang, sedikit garam dan juga gula, setelahnya dibentuk bulat tipis berukuran besar, kemudian setelah itu dijemur. Jika sudah kering digoreng. 

9. Jemblem














Olahan singkong yang sudah dihaluskan berbentuk bulat kemudia digoreng, biasanya di tengah-tengahnya dikasih gula jawa. Gula jawa merupakan hasil dari cairan kelapa yang jika sudah jadi padat berwarna kuning tua kecoklatan.














Rasanya ada paduan asin dan manis, jika masih hangat rasanya enak lezat apalagi dinikmati dengan secangkir kopi. 

10. Getas
Olahan singkong yang dilembutkan dibentuk lonjong oval agak pipih, kemudian digoreng dan taburi tepung gula. Getas ini ciri khasnya sangat manis dan penuh dengan taburan gula. Bagi anda yang terkena diabetes atau anti gula, dianjurkan tidak memakan makanan ini. Makanan ini hanya cocok bagi pekerja keras yang sering mengurang keringat dan energi.

Demikian sepengetahuan penulis tentang produk olahan makanan dari singkong dan mungkin masih ada lagi. Patut bersyukur tanah Indonesia kaya akan hasil tanaman yang bisa diolah menjadi produk apa saja. Semoga kita bisa mengolah dan memanfaatkannya dengan baik serta istiqomah bersyukur atas segala Anugerah-Nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Destinasi Wisata Pantai di Malang Selatan

Kata-kata Bijak Motivasi Kehidupan

HIKMAH NJOWOAN