Rujak dan secangkir Kopi

Rujak merupakan makanan khas Indonesia terutama di jawa. Khusus di Jawa Timur punya ciri khas rasa yang unik. Makanan ini terdiri atas sayuran, kecap hitam dari delai, daging kulit yang lentur (kikil), tempe, menjes, tahu  dan lontong (nasi sedikit padat biasanya dibungkus daun pisang, serta tambahan - tambahan lainnya.

Rujak akan lebih nikmat jika dipasangkan dengan kerupuk. Rujak tanpa krupuk rasanya kurang lengkap. Rujak paling pas jika disantap siang hari, apalagi disampingnya ada minuman segar dengan rasa buah atau minuman dengan buah-buahan. 



Kalau anda penikmat kopi, tidak ada salanya rujak dengan secangkir kopi. Karena dengan kopi rasa ngatuk biasanya hilang. Apalagi, kopi dengan sedikit gula atau bahkan tanpa gula diseduh saat masih hangat pasti obat mujarab buat rasa ngantuk. 

Biasaya turis asing suka kopi tanpa gula, diminum saat masih hangat. Karena menurut pandanga mereka mengkonsumsi gula terlalu banyak bisa mengganggu kesehatan badan.

Kembali lagi rujak, pada dasarnya rujak merupakan makanan variasi yang mengandung keseimbangan bagi tubuh. Karena ada unsur sayuran dan sedikitnya dagingnya. Sayuran sangat penting bagi pencernaan metabolisme tubuh. Mungkin yang sedang diet bisa juga tidak pakai kikil, hanya berupa sayuran dan tempe serta tahu.

Bagi anda penyuka kuliner, selamat mencoba di tangan penjua mana yang cocok dengan lidah anda. Salam Satu Bangsa, Indonesia. Semoga hidup kita penuh barolah. Amiiin.🙏

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Destinasi Wisata Pantai di Malang Selatan

Kata-kata Bijak Motivasi Kehidupan

HIKMAH NJOWOAN