Saluran Irigasi DAM yang ada di Malang Raya

Indonesia terdiri banyak gunung dan hutan lebatnya, sehingga terdapat sumber air yang melimpah. Maka dari itu, airnya perlu dimanajemen diatur dan manfaatkan secara optimal dengan cara membuat DAM saluran irigasi untuk mengairi pertanian dan perkembunan serta untuk persediaan kebutuhan konsumsi lainnya. Kali ini, penulis lebih spesifik membahas saluran air yang ada di wilayah Malang Raya Jawa Timur Indonesia. Simak ulasan selanjutnya.

...وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ...
... dan kami jadikan dari air, segalanya menjadi hidup... (QS. Al-anbya':30)

1. Rolak Kali Amprong
DAM saluran irigasi ini berlokasi di wilayah Ki Ageng Gribig Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Saluran irigasi dibendung dari sungai Amprong kemudian dialirkan ke arah selatan meliputi wilayah Buring, Wonokoyo, Tajinan, Jembatan Talang Air Bululawang dan berakhir di wilayah Gondanglegi. Berikut gambaran singkat videonya;

2. DAM Kadalpang
Saluran irigasi ini berlokasi di wilayah Samaan Kecamatan Klojen Kota Malang. Saluran airnya hingga melewati Kanal Heritage Kayu Tangan dan terus menuju selatan. Berikut video DAM saluran irigasinya.

3. DAM Sonosari Bonagung
Saluran irigasi ini berada di belakangnya Pabrik Gula Kebonagung, tepatnya di jalan pintas  Singomoyo. Saluran airnya menuju wilayah pertanian dan perkebunan Pakisaji. Berikut gambaran video singkatnya;

4. Syphon Metro Kepanjen
Saluran irigasi ini sangat unik, karena bentuknya berupa pipa besi yang berukuran besar dan panjang serta up - down - up. Lokasinya berada di jl. Lawu, sebelah selatan jembatan sungai Metro Talangagung Kepanjen.

5. DAM Blobo Kepanjen Malang.
Saluran air Irigasi dan pertanian DAM Blobo ini berada di sisi utara Jembatan Kalibarantas Ketapang, berbatasan dengan dengan daerah Sukonolo Bululawang Malang. Saluran airnya menuju daerah barat dan sebagian ke selatan meliputi; Cepokomulyo, saluran irigasi bersejarah Syphon Metro Talagung, Ngebruk, Sumberpucung.



Demikian info wawasan seputar saluran air di Malang Raya, jika ada DAM atau saluran air yang unik belum diulas silahkan tulis di kolom komentar agar semua warga Malang Raya mengetahuinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Destinasi Wisata Pantai di Malang Selatan

Kata-kata Bijak Motivasi Kehidupan

HIKMAH NJOWOAN