Antara Sukses dan Proses

Jika ingin sukses harus istiqomah usaha dan amal ibadah, jangan mudah putus asa oleh beban keadaan dan kenyataan. Di dunia ini, biasanya segala sesuatu diciptakan melalui tahapan proses. Sebagaiman seorang manusia, untuk sukses menjadi manusia yang punya kelengkapan indra jasmani dan ruhani serta terlahir di alam dunia, dalam perut ibu didahului oleh beberapa tahapan proses yang penuh kegelapan. Seperti kutipan Al-Quran berikut ini;
ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„َّู€ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู€ٰู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠู…ِ
ูˆَู„َู‚َุฏْ ุฎَู„َู‚ْู†َุง ุงู„ْุฅِู†ุณَุงู†َ ู…ِู† ุณُู„َุงู„َุฉٍ ู…ِّู† ุทِูŠู†ٍ
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.

ุซُู…َّ ุฌَุนَู„ْู†َุงู‡ُ ู†ُุทْูَุฉً ูِูŠ ู‚َุฑَุงุฑٍ ู…َّูƒِูŠู†ٍ
Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).

ุซُู…َّ ุฎَู„َู‚ْู†َุง ุงู„ู†ُّุทْูَุฉَ ุนَู„َู‚َุฉً ูَุฎَู„َู‚ْู†َุง ุงู„ْุนَู„َู‚َุฉَ ู…ُุถْุบَุฉً ูَุฎَู„َู‚ْู†َุง ุงู„ْู…ُุถْุบَุฉَ ุนِุธَุงู…ًุง ูَูƒَุณَูˆْู†َุง ุงู„ْุนِุธَุงู…َ ู„َุญْู…ًุง ุซُู…َّ ุฃَู†ุดَุฃْู†َุงู‡ُ ุฎَู„ْู‚ًุง ุขุฎَุฑَ ูَุชَุจَุงุฑَูƒَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุฃَุญْุณَู†ُ ุงู„ْุฎَุงู„ِู‚ِูŠู†َ
Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.

~QS. Al-Mu'minun, 12-14~

















Kegelapan dalam perut ibu identik dengan permasalahan. Namun seiring dengan lengkapnya alat indra jasmaninya barulah diahirkan dan diperlihatkan cahaya di alam dunia. Setidak-tidaknya meskipun dalam kegelapan masih diberi kecukupan makanan untuk hidup selanjutnya di alam dunia. Begitupun manusia meskipun diterpa beban ujian masalah masih diberi rahmat-Nya menikmati hidup, meskipun dengan cara yang tidak nyaman.

Jadi tetaplah berusaha dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Tetap istiqomah berusaha berkreasi, berinovasi, amal dan ibadah. Pepatah arab mengatakan; "Man Jadda wajada" siapa yang sungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Destinasi Wisata Pantai di Malang Selatan

Kata-kata Bijak Motivasi Kehidupan

HIKMAH NJOWOAN